Wisata Budaya, Tradisi Langen Tayub Di Sendang Bektiharjo Semanding, Tuban

Kabupaten tuban masih mempertahankan salah satu upacara adatnya yang disebut Langen Tayub, yang merupakan ritual kesucian diri dan berkah penglaris.


Demi mempertahankan eksistensi budaya asli daerah tersebut, ratusan seniman tayub di tuban, memiliki tradisi tersendiri yang digelar hanya setiap setahun sekali. 


Tradisi yang disebut siraman, seniman Langen Tayub atau citra resmi Waranggono ini, digelar di Taman Kolam Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban. Kegiatan yang hanya digelar setahun sekali ini, diikuti tak kurang dari 202 seniman Langen Tayub, di antaranya pramugari, waranggono, atau sinden, serta pangrawit.

Ritual ini berlangsung khidmad. Dengan iringan tetabuhan dan gamelan Jawa, prosesi ritual diawali dengan kirap sesaji dari halaman pemandian. Puluhan seniman berbaris rapi berjalan pelan menuju Sendang Widodaren Pemandian Bektiharjo. 

para seniman kemudian melanjutkan arak-arakan dengan membawa wadah kendil, berisi bekal sesaji serta kembang tujuh rupa. Aneka sesaji dan bunga suci tersebut, kemudian mereka tebar ke dalam air sendang.

Ritual kemudian diakhiri dengan prosesi Neratas Banyu dengan cara menenggelamkan kaki sebatas lutut, dan berjalan mengelilingi Sendang Widodaren yang di keramat tersebut. 

Para seniman Langen Tayub di Tuban percaya, ritual siraman ini, dapat mempercantik diri, suci lahir maupun batin, bahkan juga dipercaya dapat memberikan keselamatan, serta penglaris.

Informasi, saran, kritik, Hubungi segera : 

WA: 0811 3010 123

Telp/SMS : 0813 3519 6837

*tombol hanya berfungsi jika anda mengakses web ini via Smartphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Budaya, Tradisi Langen Tayub Di Sendang Bektiharjo Semanding, Tuban"

Post a Comment